Burhanudin Lepas 76 Anggota Pramuka Ikut Jambore Dunia di Korea Selatan

  • Bagikan
CIBINONG,LJ – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin melepas 76 anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor untuk mengikuti Jambore Dunia ke-25 di Saemangeum, Korea Selatan. Pelepasan dilaksanakan di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (25/7).
Jambore Dunia akan digelar mulai tanggal 2 sampai 12 Agustus 2023 di Saemangeum, Korea Selatan yang dilaksanakan oleh World Organization of Scout Movement (WOSM). Turut hadir pada pelepasan tersebut, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor, jajaran pengurus dan Ketua Kwartir Ranting (Kwaran).
Sekda Burhanudin mengatakan, peserta yang ikut serta sudah terseleksi dan dibekali dengan kompetensi kepanduan yang baik. Ini merupakan bagian dari upaya pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor agar menjadi Kwarcab terbaik, termaju, dan tergiat di Jawa Barat tahun 2025.
“Saya berpesan kepada para peserta Jambore Dunia yang akan berangkat, jaga nama baik Kabupaten Bogor, jadikan kesempatan ini sebagai ajang berbagi pengalaman, saling mengenal dan menghargai budaya negara lain, berbagi pengetahuan, serta mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu global,” kata Burhanudin.
Burhanudin berharap, semoga dengan keikutsertaan anggota Pramuka Kabupaten Bogor dalam Jambore Dunia ini akan memberikan pengalaman berharga yang dapat mendorong peningkatan kapasitas diri. Sehingga dapat lebih banyak berkontribusi positif kepada lingkungan dan masyarakat.
Untuk diketahui, kegiatan Jambore Dunia dilaksanakan empat tahun sekali, Jambore Dunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1920 di Inggris. Tahun 2019, Jambore Dunia diselenggarakan kembali di Virginia Barat, Amerika Serikat. Dan tahun ini akan dilaksanakan di Saemangeum, Korea Selatan.
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor, Agus Ridho menjelaskan, Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor sejak tahun 2007 tidak pernah absen mengikuti Jambore Dunia.
“Tahun ini lebih banyak peserta dari Kabupaten Bogor yang dikirim menjadi delegasi untuk mengikuti Jambore Dunia. Rencananya untuk tingkat nasional akan langsung dilepas oleh Presiden Republik Indonesia pada akhir Juli 2023 di Istana Bogor,” jelas Agus Ridho.
Ia menambahkan, dengan mengikuti Jambore Dunia, diharapkan para peserta dapat meningkatkan ketakwaan pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, terbinanya tali persaudaraan, membangun jati diri bangsa, meningkatkan jiwa kepemimpinan dan kepercayaan diri, serta mendapatkan pengalaman berharga.(red)
Editor : Ferdi
Baca Juga :  Renovasi Ruang Kbm SDN JayaNegara dikembangkan 7 Kelas Jadi 9
  • Bagikan