Iwan Setiawan Dukung Sukseskan Rakernas dan APKASI Expo 2023 

  • Bagikan
TANGERANG ,LJ – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan hadiri langsung kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Rakernas APKASI) ke-15 dan Pameran APKASI Otonomi Expo (AOE) 2023, yang berlangsung di ICE BSD Kabupaten Tangerang, Kamis (20/7/23). Dalam kesempatan ini, Plt. Bupati juga menyempatkan diri untuk meninjau pameran APKASI Otonomi Expo (AOE) 2023 tersebut.
Rakernas APKASI ke-15 dan pameran APKASI Otonomi Expo (AOE) 2023 ini dibuka langsung oleh Ma’ruf Amin Wakil Presiden Republik Indonesia didampingi Mendagri Tito Karnavian, Menkop UKM Teten Masduki, dan Ketua KPK Firli Bahuri.
Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan bagi seluruh Pemerintah Kabupaten. Pertama, pemerintah kabupaten diharapkan terus meningkatkan gagasan dan langkah inovatif, baik pada tataran kebijakan maupun penggunaan anggaran yang tepat guna, untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjutan.
Pastikan implementasi program dan anggaran yang efektif dan akuntabel hingga di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, sebagai ujung tombak perangkat pemerintah yang berhubungan langsung dengan masyarakat.
Kedua, pemerintah kabupaten agar terus mendorong terciptanya ekosistem usaha yang sehat dan ramah investor di daerahnya.
“Terus perkuat rantai pasok lokal dan akses pasar hingga mampu menjangkau pasar nasional hingga global, termasuk memperkuat jaringan pemasaran komoditas unggulan desa ke pasar yang lebih beragam melalui platform digital,” ujar Wapres RI
Ketiga, Wapres meminta kabupaten untuk fokus kepada komoditas-komoditas unggulan dari hulu ke hilir secara terpadu.
Wapres juga dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten se-Indonesia yang telah melahirkan ide-ide inovatif, kreatif dan terobosan dalam percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan publik, termasuk dalam mempercepat penurunan angka stunting di daerahnya.
Ketua APKASI Pusat, Sutan Riska, menerangkan bahwa apkasi senantiasa mengajak seluruh kepala daerah dalam hal ini para Bupati se-Indonesia untuk melakukan persiapan dalam menghadapi pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serta persiapan dalam menekan laju inflasi dengan meningkatkan perekonomian masyarakat.
Menurutnya, tahun 2024 nanti kita tahu bangsa Indonesia akan menghadapi pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak tentunya zona nasional tersebut harus dapat menjadi pesta demokrasi sesungguhnya, dimana rakyat dapat berdaulat dalam menentukan masa depannya.
“Oleh karena itu, kita harus berkomitmen menjaga situasi yang kondusif apapun latar belakang partai politik kita dan kami pemerintah kabupaten siap menjadi mitra pemerintah pusat dan KPU dalam memutuskan Pemilu dan Pilkada yang kondusif, damai, dan aman,” jelasnya.
Bertepatan dengan Rakernas, APKASI juga menggelar pameran komoditi dedikasi unggulan daerah yang diikuti oleh 150 pemerintah kabupaten, 3 pemerintah provinsi, 2 kementerian, 15 BUMN, 7 perusahaan nasional dan multinasional, serta 30 UMKM yang menepati 248 stand sebagai upaya dalam menghadapi inflasi dan menjaga stabilitas perekonomian masyarakat. (red)
Editor : Ferdi
Baca Juga :  Aksi Puluhan Sopir Angkot Nagrak Cibadak Demo Pabrik
  • Bagikan