Dinilai Berhasil Implementasikan Program UP2K, TP-PKK Kabupaten Bogor Terima Studi Referensi dari TP-PKK Gunung Kidul

  • Bagikan
CIBINONG,LJ – Untuk meningkatkan implementasi program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam menciptakan masyarakat sejahtera, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gunung Kidul lakukan kunjungan kerja ke TP-PKK Kabupaten Bogor, yang diterima langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Halimatussadiyah Iwan yang berlangsung di Aula TP-PKK Kabupaten Bogor, Selasa (20/6/23).
Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Halimatussadiyah Iwan mengungkapkan, sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Bogor TP-PKK Kabupaten Bogor senantiasa menjalin sinergi baik dengan Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemkab Bogor, kecamatan, desa hingga kelurahan.
Serta mengedepankan kesepakatan bersama baik melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Rakernas juga Rakerda, TP-PKK dalam menentukan program prioritas TP-PKK Kabupaten Bogor sesuai yang dibutuhkan masyarakat.
“Sumber Daya Manusia (SDM) juga terus kami upgrade kemampuan dan pengetahuannya, melalui pelatihan, peningkatan pengetahuan, kader dasa wisma, pelatihan ketua Tim penggerak PKK desa, pelatihan sekretaris, bendahara, bahkan pelatihan untuk pokja-pokja,” beber Halimatussadiyah Iwan.
Halimatussadiyah menambahkan, demikian pula peningkatan kemitraan dengan SKPD dan lembaga terkait lainnya, senantiasa diupayakan agar kualitas hasil pelaksanaan kegiatan 10 program pokok PKK termasuk program UP2K lebih meningkat lagi.
“Sehingga eksistensi tim penggerak PKK dan kader PKK dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,” jelasnya.
Ketua TP-PKK Gunung Kidul, Diah Purwanti Sunaryanta mengungkapkan, disamping sebagai peningkatan pendapatan keluarga, program UP2K merupakan strategi alternatif dalam memberdayakan ekonomi masyarakat pasca Covid-19 dan sangat penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi. Sehingga diperlukan tata kelola yang baik dalam pengembangan UP2K.
Menurutnya, luasnya wilayah Kabupaten Bogor dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, menjadi tantangan yang luar biasa, salah satunya dalam meningkatkan peningkatan pendapatan keluarga di Kabupaten Bogor. Meski demikian TP-PKK Kabupaten Bogor justru menjadikan tantangan itu sebagai semangat sehingga program UP2K bisa berjalan dengan baik di Kabupaten Bogor.
“Itu salah satu alasan kami memilih Kabupaten Bogor sebagai tempat kami menimba ilmu bagaimana program UP2K bisa diimplementasikan dengan baik di Kabupaten Bogor. Ini juga salah satu untuk memperkuat sinergi dan silaturahmi antara kami dengan TP-PKK Kabupaten Bogor,” terang Diah.(red)
Editor : Ferdi
Baca Juga :  Desa Cigombong Fasilitasi Pendistribusian KKS
  • Bagikan