R.E Irwan Somantri Pimpin Upacara HUT HGN Ke 78 Dan HUT PGRI Tingkat Kecamatan Cigombong

  • Bagikan

 

Bogor,Lingkar Jabar – Camat Cigombong R.E Irwan Somantri pimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional ke 78 sekaligus Hari PGRI bertampat di halaman kantor kecamatan Cigombong 2023.sabtu (25/11/20023) dihadiri oleh kapolsek Cigombong yang diwakili, pengawas tingkat SD, MI, kepala UPT Puskesmas Cigombong, ketua PGRI dan para kepala sekolah sekecamatan Cigombong.

Dalam sambutannya Camat Cigombong R.E Irwan Somantri selain membacakan sambutan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia, Camat Cigombong juga menyampaikan bagimana sejarah awal lahirnya Hari Guru dan Juga organisasi PGRI

Bahwa menurutnya, setiap tanggal 25 November diperingati sebagai hari guru di Indonesia. Tepatnya adalah setiap tanggal 25 November memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI).
Meski sama-sama diperingati pada tanggal 25 November, peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI memiliki perbedaan

Baca Juga :  Percepatan Vaksinasi, Pemdes Cisalada Bersama Puskesmas Ciburayut Lakukan Jemput Bola

Bedanya Hari Guru Nasional dan HUT PGRI adalah pada sejarah latar belakang penetapan peringatannya.

Sejarah Hari Guru Nasional berdasarkan penetapan Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional, oleh Presiden Soeharto. Dalam KEPPRES Nomor 78 Tahun 1994 disebutkan bahwa Hari Guru Nasional ditetapkan pada tanggal 25 November karena selama ini tanggal tersebut telah diperingati sebagai HUT PGRI.

Tujuannya adalah sebagai mewujudkan penghormatan kepada guru di Indonesia.
Sementara HUT PGRI dirayakan setiap 25 November untuk memperingati hari berdirinya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945.

Sejarah PGRI secara resmi dibentuk setelah masa kemerdekaan RI.yang pada tanggal 23-25 November 1945 digelar Kongres Guru Indonesia di Surakarta di Gedung Somaharsana (Pasar Pon), Van Deventer School, Sekolah Guru Puteri (sekarang SMP Negeri 3 Surakarta). Hasilnya semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu dalam satu wadah PGRI.

Baca Juga :  Batu Bronjong Setinggi 3 Meter Longsor, Warga Was-Was

Meski begitu, sejatinya kedua peringatan tersebut sama-sama memperingati peran serta jasa para guru di Indonesia. Adapun peringatan tahunannya, Hari Guru Nasional diselenggarakan oleh Kemdikbudristek RI. Sementara HUT PGRI oleh organisasi PGRI.

Tema Hari Guru Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”. Ucap Camat Cigombong (red)

  • Bagikan