Berita  

Puskesmas Cigombong Bersama Pemeintahan Kecamatan Cigombong Gelar Senam Bersama KPPS

BOGOR, LingkarJabar – Pelaksanan Pemilu 2024 tinggal beberapa hari lagi, sebagai penyelenggara pemilu terutama Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tentunya segala sesuatunya harus dipersiapkan diantaranya masalah kesehatan.

Dalam rangka persiapan Pemilu 2024 dan menindak lanjuti surat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Surat Edaran Bersama (SEB) tentang pelaksanaan screaning, riwayat kesehatan petugas penyelenggara Pemilu, PPS dan UPTD Puskesmas Cigombong – Ciburayut Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menggelar acara senam bersama bertajuk “Senam Bersama Penyelenggara Pemilu 2024” bertaampat dihalaman kantor kecamatan Cigomnong, jumat (9/02/2024)

Sejak pagi sekitar pukul 07.00 WIB, ratusan anggota KPPS bersama PPS, PPK, Panwascam, UPT Pusekesmas Cigombong – Ciburayut, pemerintah kecamatan Cigombong nampak antusias dan semangat mengikuti kegiatan senam tersebut.

Kepala Puskesmas Cigombong Dr.Dian didampingi kepala Puskesmas Ciburayut Dr. Arif mengatakan bahwa kegiatan Senam Bersama Petugas Pemilu 2024 ini sebagai Pemantapan anggota KPPS, PPS dalam menjaga kesehatan menjelang pelaksanaan pemiu, dan ini kegiatan untuk yang kedua kalinya, setelah sebelumnya kita memgadakan senam bersama petugas Pemilu ini di lapangan alun alun desa Ciburayut pada minggu lalu.

Selain itu, kegiatan ini juga menindaklanjut surat keputusan Kementerian Kesehatan Reoublik Indonesia dan hasil skrining awal petugas Pemilu yang saat pemeriksaan kesehatan dulu yang mempunyai gula darah sesaat /sewaktu diatas 140 miligram/desiliter. Untuk itu, setelah senam dilakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan Tensi dan kadar gula darah dengan menerjunkan 15 paramedis dari Puskesmas Cigombong dan Ciburayut.

“Harapannya pada saat bertugas di hari H (tanggal 14 Februari 2024) kondisi petugas pemilu dalam kondisi prima dan optimal sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik dan lancar,” ungkapnya

Lebih lanjut Dr. Dian menyampaikan, bahwa para petugas penyelenggara pemilu KPPS,PPS dan PPK akan kami berikan suplemen berupa vitamin C pada hari pelaksanaannya nanti, hal ini diberikan agar anggota kondisi KPPS,PPS dan PPK lebih kuat dan sehat (prima) saat bertugas, namun tetap para petugas KPPS, PPS dan PPK dianjurkan untuk sarapan dan makan.

“Bagi Petugas Pemilu disarankan untuk menjaga kesehatan dengan melakukan aktifitas fisik secara teratur /olahraga, makan makanan seimbang (proporsi antara karbohidrat, protein, lemak), Selalu mengkonsumsi buah buahan, Sayur dan minum air putih, Selalu Cek kesehatan secara teratur dan Istirahat yang cukup,”

Masih dikatakan Dr.Dian, bahwa anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) perlu menerapkan 4C guna menjaga kesehatan tubuh selama melaksanakan tugasnya dalam Pemilihan Umum 2024.

Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan dr. Nida Rohmawati, MPH menjelaskan bahwa 4C adalah cukup tidur, cukup minum, cukup makan, dan cukup berolahraga.

“C pertama adalah cukup tidur, minimal 6 sampai 8 jam sehari. Saat ini mereka sudah sibuk lho, katanya sampai begadang juga. Menyiapkan tempat, menyiapkan kertas suara,”

Menurutnya, KPPS sebaiknya tidak begadang, atau kurang tidur berhari-hari menjelang pelaksanaan pemilu, karena hal tersebut akan memberatkan tubuh. Saat malam, ujarnya, sebaiknya langsung tidur selama 8 jam sebelum penyelenggaraan pemilu berlangsung.

C selanjutnya, ujar Dr.Dian, yaitu cukup minum. Dia mengingatkan para petugas KPPS untuk selalu minum air putih, serta mengurangi minum kopi, minuman manis, dan alkohol.

“Karena dehidrasi, kekurangan minum, itu menjadi faktor risiko terjadinya kesakitan dan kematian pada 5 tahun yang lalu. Kami harapkan jangan lupa minum air putih. Kurangi minum kopinya dan minuman manis atau minuman kemasan yang manis,” katanya.

Dia menjelaskan, berdasarkan analisis dari FK UI, para petugas KPPS yang lalu kurang minum air putih, dan minum banyak kopi serta minuman berenergi agar kuat saat menghitung suara.

C yang ketiga, ujarnya, adalah cukup makan, dan tidak hanya mengonsumsi makanan ringan.

Dr. Dian menambahkan, C yang terakhir adalah cukup olahraga. Dia mengimbau seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) untuk menyelenggarakan senam bersama para petugas pemilu.tandasmya

Sementara itu Camat Cigombong R.Irwan Somantri menyampaikan bahwa sejauh ini tahapan tahapan pemilu dikecamatan Cigombong alhamdulilah berjalan dengan lancar.

Mulai dari bintek KPPS, PTPS dan hari ini kita melaksanakan dua agenda yaitu senam bersama penyelenggara pemilu pagi hari dan simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang di ikuti oleh KPPS. Ucap R.Irwan Somantri

R.Irwan Somantri juga menjelaskan, untuk pendistribusian logistik pemilu ada kemungkjnan kita kiri ke Desa Desa atau TPS H -2, karena hari senin kita bersama PPK, kepolisian,TNI akan mengecek beberapa lokasi TPS bagaimana persiapan dilapangan.

Adapun untuk Logistik, semenjak logistik datang dan sekarang berada digudang kita jaga 24 jam dengan melibatkan penjagaan dari Linmas, satpol PP, kepolisian dan TNI.

Dan pemerintah kecamatan Cigombong, TNi, Polri dan penyelenggara siap mensukses pemilu pada tanggal 14 februari yaitu pemilu sukses, aman dan berintegritas. (Iy/red)