Petani Senang, Pembangunan P3A Di Desa Tanjung Sari Sudah Selesai 100 Persen

  • Bagikan

BOGOR, Lingkar Jabar – Pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Cisadane memberikan bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan untuk para petani dan salah satunya program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) program Padat Karya Tunai ( PKT ) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN untuk mendukung Salah satu agenda Prioritas pembangunan yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024, yaitu memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

Seperti halnya desa Tanjung Sari kecamatan Cijeruk salah satu penerima program P3A Miyra Cai Kirainah yang berada di kampung Tanjung Sari dengan dana APBN tahun 2023 sebesar Rp.195 juta untuk peningkatan jaringan irigasi permukaan daerah irigasi yang sudah mencapai 100 persen artinya pekerjaan tersebut selesai tepat waktu.

Baca Juga :  Polres Sukabumi Kota Behasil Amankan 3 Tersangka Kasus Penyahgunaan Narkoba

Kepala Desa ( Kades ) Tanjung Sari Suherman ketika di temui awak media Lingkar Jabar di ruang kerjanya menjelaskan, pelaksanaan proyek P3 TGAI sepenuhnya dilaksanakan secara padat karya dan langsung dikerjakan oleh para petani atau masyarakat setempat dengan mendapat bantuan pendampingan dari tim tenaga pendamping yang sudah dibentuk sebelumnya.

P3-TGAI untuk mendukung program ketahanan pangan dan upaya peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabiltasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif. Ucap Kades Tanjung Sari

Sementara itu, Suhanda ketua kelompok mitra cai Kirainah Desa Tanjung Sari mengatakan bahwa pembangunan irigasi program P3A dari pemerintah pusat di Desa Tanjung Sari kecamatan Cijeruk Alhamdulilah sudah selesai seratus persen, dirinya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR (balai BBWS Citarum Cisade) dengan adanya program P3-TGAI yang telah memperhatikan nasib para petani.

Baca Juga :  Anak Didik MD Roidhatul Athfal Sumringah.Yayasan Rumah Al-Maun Khatam Akan Bangun Gedung Sekolahnya

Menurutnya, petani saat ini dapat merasakan dan menikmati hasilnya dari berbagai program pemerintah salah satunya perbaikan jaringan irigasi P3A, jelasnya.

Di tempat yang sama salah satu petani salah seorang penerima manfaat Sukma Edi mengatakan program ini sangat membantu sekali bagi kami para petani apalagi program ini kepentingan para petani, tak hanya itu kades setempat pun mendukung sekali dengan program ini karna akan membantu bagi para petani dan umumnya warga setempat lebih mendongkrak kemajuaan kesejahteraan para petani kecil seperti kami.

Alhamdulilah sekarang pembangunannya sudah selesai dan kami para petani sudah bisa menikmati, saya ucapkan terima kasih kepada kelompok P3A Kinaisah yang telah memfasilitasi kepada pemerintah pusat bantuan pembangunan irigasi ini.(red)

  • Bagikan