Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi Gelar Pelatihan Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan

  • Bagikan

 

SUKABUMI.LINGKAR JABAR – Kegiatan In House Training Operasi Pemeliharaan Sistem Pompa Yang di Gelar Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi di Aula Kantor Pusat pada hari Selasa (28/09/23) dan Rabu (28/09/23).

Dalam kegiatan Pelatihan tersebut dihadiri oleh Ir. Prijono, R. Gagak Eko Bhaskoro yang didampingi oleh Kusuma Wijayanti dan Falakh August dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang sebagai pemateri dan 37 orang pegawai bidang Teknik Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi sebagai peserta pelatihan.

Seiring dengan kemajuan ekonomi dan pembangunan, kebutuhan masyarakat akan air bersih juga semakin meningkat. Peningkatan kebutuhan akan air bersih membuat permintaan akan instalasi pengolahan air bersih juga semakin meningkat akhir-akhir ini.

Baca Juga :  SEJARAH MARTABAK BANGKA, TJHOI TO dan TJHIN TET

Oleh karena itu diperlukan pengetahuan dalam pemilihan kinerja (kapasitas) pompa agar dapat memenuhi kriteria efektif namun juga efisien dalam operasiannya. Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan pelatihan teknik Pompa dan Efisiensi Energi agar mampu menjalankan produksi IPA sesuai dengan standar operasi prosedur yang ada.

“In House Training Operasi Pemeliharaan Sistem Pompa dilaksanakan dalam rangka mendorong para operator guna menguasai pengetahuan terkait dengan proses pengolahan air minum. Selain itu, karena perusahaan kami banyak menggunakan pompa dan genset, maka manajemen merasa perlu mengadakan pelatihan pemahaman mengenai efisiensi energi guna menekan biaya produksi.” Ujar Kepala Bagian Kepegawaian Dody Darmansyah, pada Selasa 28 09 2023 di Kantor Pusat.

Baca Juga :  Sangat Miris !!! Rusaknya Jembatan Penghubung Desa Di Cibadak Sukabumi, Butuh Perhatian

Materi pelatihan pada hari pertama meliputi Sistem Penyediaan Air Minum, Perawatan Sistem Transmisi, dan Manajemen Sistem Pompa pada Jaringan Distribusi. Sementara untuk hari kedua, materinya meliputi Operasi dan Pemeliharaan Sistem Pompa, Monitor Kinerja & Menghitung Kebutuhan Pompa, Daya Poros & Panel Hubung Sistem Pompa, serta Perhitungan Kebutuhan Daya Listrik.

  • Bagikan