Pemkab Bogor Kolaborasi Dengan PKK Gaungkan Gerakan Konsumsi Pangan B2SA

  • Bagikan
CIBINONG,LJ – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Halimatussadiyah Iwan sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan (DKP), lakukan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bogor yang diikuti oleh TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Bogor, di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, Rabu (16/8/23). Itu dilakukan sebagai gerakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi pangan lokal dengan menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).
Sebagaimana diketahui, berdasarkan amanat UU 18 Tahun 2012 tentang Pangan Pasal 60 menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemda berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan dengan membudayakan pola konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA).
Kepala DKP Kabupaten Bogor, Sigit Wibowo mengungkapkan, gerakan B2SA itu adalah kegiatan yang sedang fokus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya B2SA, juga sebagai alternatif gerakan makan selain beras dan tepung di kalangan masyarakat.
“Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, pola makan konsumsi juga harus dikuatkan terutama di luar makanan berbahan dasar beras dan tepung. Apalagi Kabupaten Bogor ini penghasil umbi-umbian salah satunya talas,” ujar Kadis DKP.
Menurut Sigit, salah satu syarat dalam perlombaan kali ini adalah membuat produk pangan tanpa menggunakan bahan dasar beras maupun terigu.
“Alhamdulilah para peserta sangat antusias, semoga melalui kegiatan ini Gerakan B2SA ini bisa terwujud dengan optimal di Kabupaten Bogor, bebernya.
Selanjutnya, Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Halimatussadiyah Iwan menyatakan, apresiasi terhadap para peserta lomba B2SA pasalnya produk atau menu makanan yang dihasilkan sangat beragam meskipun tanpa menggunakan bahan dasar beras dan terigu.
“Luar biasa kreasi dan inovasi yang dilakukan ibu-ibu PKK se-Kabupaten Bogor ini. Sangat menarik sehingga menu yang disajikan selain tampilannya sangat cantik dan kreatif juga bernilai gizi tinggi,” jelas Halimatussadiyah Iwan.
Menurutnya, bagi peserta yang memenangkan lomba B2SA tingkat Kabupaten Bogor ini akan bertanding kembali mewakili Kabupaten Bogor di ajang perlombaan B2SA tingkat Provinsi Jawa Barat.
“Selamat kepada yang telah menjadi juara, berikan yang terbaik untuk Kabupaten Bogor di tingkat Provinsi Jabar. Terimaksih kepada seluruh peserta yg sudah hadir dan berpartisifasi dalam kegiatan ini, Bagi saya peserta hari ini semua sudah menjadi yang terbaik,” imbuh Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor.
Berikut nama pemenang Lomba B2SA tingkat Kabupaten Bogor
Juara I : TP-PKK Kecamatan Cigombong
Juara II : TP-PKK Kecamatan Parung
Juara III : TP-PKK Kecamatan Megamendung
Juara Favorit : TP-PKK Kecamatan Rancabungur. (red)
Editor : Ferdi
Baca Juga :  Penumpukan Sampah Dikeluhkan Masyarakat, Ketua Komisi ll DPRD Kabupaten Sukabumi Respon Cepat
  • Bagikan