Pemkab Bogor Canangkan Hutan Kota Tegar Beriman Demi Menambah Ruang Terbuka Hijau

  • Bagikan
CIBINONG,LJ – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melaksanakan pencanangan Hutan Kota Tegar Beriman, di Cibinong, Jumat (29/9). Hal ini demi menambah persentase Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Bogor. Mewakili Bupati Bogor, Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin memimpin kegiatan pencanangan dan penanaman pohon di area tersebut.
Hadir pada acara pencanangan tersebut, perwakilan Forkopimda, Direktur Bank BJB Cabang Cibinong, Ketua Tim Fasilitasi TJSL Perusahaan Kabupaten Bogor, Dansubdenpom III/1-3 Cibinong, Dan Sub Korgatap 0606, jajaran kepala perangkat daerah dan Direktur RSUD, serta Camat Cibinong.
Sekda Burhanudin mengatakan berdasarkan Undang – Undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, pemerintah kabupaten dan kota memiliki tugas untuk memenuhi ruang terbuka hijau sebanyak 30 persen, dimana 20 persen RTH publik dan 10 persen RTH privat. Dengan dicanangkannya Hutan Kota Tegar Beriman maka menambah persentase ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Bogor.
“Pemerintah Kabupaten Bogor menargetkan membangun setidaknya satu hutan kota setiap tahunnya, mengingat manfaatnya yang besar bagi masyarakat, keseimbangan ekologi, kebersihan udara, ketersediaan air tanah, mengurangi risiko banjir, menciptakan keteduhan sekaligus sebagai tempat rekreasi,” kata Burhanudin.
Burhanudin memberikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bank BJB yang melalui skema tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan, tim TJSL Kabupaten Bogor serta semua pihak yang ikut terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Bogor beriman melalui pencanangan dan penanaman pohon di Hutan Kota Tegar Beriman.
“Saya perintahkan kepada dinas terkait agar hutan kota ini dirawat dan dijaga dari sampah, vandalisme atau kegiatan yang dapat merusak ekosistem hutan kota dan mengganggu ketertiban umum,” tandas Burhanudin.
Ia juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Bogor agar menjaga kebersihan serta merawat keberlanjutan hutan kota ini agar manfaatnya dapat terus kita rasakan dan nikmati bersama.(red)
Editor : Ferdi
Baca Juga :  Seorang Wisatawan Tewas Tersambar Petir Di Puncak Bogor Begini Ceritanya!!!
  • Bagikan