Pemdes Pasir Jaya Gelar Pelatihan Tanggap Bencana

  • Bagikan

BOGOR, Lingkar Jabar – Mengantisipasi bencana alam terutama banjir yang berpotensi terjadi musim hujan, pemerintah Desa Pasir Jaya kecamatan Cigombong kabupaten Bogor mengaplikasikan Pelatihan Tanggap Bencana yang diikutinya selama satu hari.bertempat di Villa Kampung Duhur (pak feri) Desa Pasir Jaya (1/11/2023)
Suhanda Hendrawan kepala Desa Pasir Jaya mengatakan, bahwa pelatihan tanggap bencana hari diadakan oleh pemerintah desa Pasir Jaya dikarenakan desa pasir jaya masuk menjadi salah satu zona rawan bencana dikabupaten Bogor dan wilayahnya yang tepat dibawah kaki gunung salak.

Kegiatan pelatihan tanggap bencana ini diikuti oleh para ketua rt,rw, Linmas dan pemuda selama satu hari.

menurut kades, diberikannya pelatihan kepada mereka, dikarenakan mereka akan bersentuhan langsung dan biasanya mereka ini garda terdepan setiap ada bencana baik tanah.longsor, bancir atauoun angin puting beliung, makanya kita berikan mereka pelatihan hari ini dengan nara sumber sengaja kita datangkan dari BPBD kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Bumdes Harus Jadi Lokomotif Ekonomi Desa, Kemendes PDTT RI Adakan Pelatihan Pengelolaan Bumdes Angkatan Ke III Tahun 2022

Dalam kesempatan tersebut Kades juga menjelaskan bahwa anggaran yang digunakan untuk pelatihan tanggap bencana ini bersumber dari Dana Desa tahun 2023.ungkapnya

Sementara itu Ponco sebagai nara sumber BPBD kabuoaten Bogor manambahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor sebagai nara sumber memberikan beberapa materi. Masing-masing tentang cara penyelamatan korban ketika terjadi banjir dan tutorial bagaimana cara mengemudikan perahu karet pada saat proses evakuasi terhadap korban dilakukan.

Ia berharap agar seluruh peserta pelatihan memiliki skills atau keahlian dalam menangani bencana. Sehingga dapat meminimalisir korban jika terjadi bencana, baik banjir maupun angin puting beliung yang berpeluang terjadi di saat musim hujan. Sementara itu, hasil dari pelatihan ini nantinya bisa membentuk Pengurus Forum Penanganan Bencana, Fungsinya untuk mengkoordinasikan relawan desa yang akan bertugas menangani ketika terjadi bencana.

Baca Juga :  Ketua Satria Kabupaten Sukabumi Apresiasi Terhadap Deklarasi OKP/Ormas Yang Ingin Menjadi Bagian Dari Keluarga Besar Partai Gerinda

” Intinya kalau terjadi bencana penyelamatan korban atau evakuasi korban adalah yang paling utama.” jelasnya.

Masih ditempat yang sama, Camat Cigombong R.E Irwan Somantri mengatakan, bahwa pemerintah kecamatan Cigombong selalu memantau apabila terjadi hujan lebat ataupun angin kencang dan melakukan koordinasi dengan pemerintah desa agar mengabarkan tentang kondisi cuaca di masing-masing wilayah untuk kemudian dibagikan di grup WhatsApp. Dari koordinasi berjejaring tersebut ia berharap ada kesiapsiagaan dari seluruh lapisan masyarakat dalam mengantisipasi bencana. tandasnya (red)

 

Editor . Ferdi

 

  • Bagikan