Panwaslu Cigombong Gelar Bimtek Pengawasan TPS Sekaligus Lantik PKD Desa Wates Jaya

  • Bagikan

 

Bogor, Lingkar Jabar – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Cigombong kabupaten Bogor mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang tempat pemungutan suara (TPS).bertempat di Villa Sukamanah Desa Cigombong yang dihadiri sembilan PKD Desa dan nampak hadir dalam kegiatan Bimtek tersebut ketua PPK Cigombong Wawan Gunawan.minggu (9/6/2024)

Ketua Panwaslu Kecamatan Cigombong Lukmanul Hakim mengatakan, Bimtek ini fokus pada pengawasan saat pelaksanaan di tempat pemungutan suara (TPS). Mulai dari pelaksanaan pencoblosan, saat perhitungan suara (tungsura) dan juga penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Pemilu (Siswaslu)

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pengawas Tingkat Desa (PKD) dalam melakukan pengawasan di TPS dan  tahapan perhitungan suara dengan akurat serta memanfaatkan aplikasi Siswaslu sebagai alat bantu pengawasan yang efektif.

Baca Juga :  Pemuda Batak Bersatu DPC Kota Sukabumi Bagi-bagi Takjil dan Sembako

Acara iBmtek sendiri berakhir pada pukul 16.00 WIB. Dalam bimtek tersebut, para peserta (PKD) diberikan penjelasan tentang pengawasan di TPS dan mengenai prosedur perhitungan suara yang benar, termasuk penghitungan suara sah, suara tidak sah, dan penggunaan formulir C1. Selain itu, mereka juga memberikan pelatihan dalam menggunakan aplikasi Siswaslu untuk menggabungkan dan melaporkan hasil pengawasan perhitungan suara secara real-time.ungkap Lukmanul Hakim

Lanjutnya, bimtek ini sangat penting dalam memastikan integritas dan transparansi dalam proses pemilikada. Dengan pemahaman yang baik tentang pengawasan TPS dan perhitungan suara serta penggunaan aplikasi Siswaslu, para pengawas PKD dapat memastikan bahwa setiap suara yang masuk dihitung dengan benar dan hasilnya dapat terdeteksi secara akurat. Hal ini akan membantu mencegah terjadinya kondisi atau manipulasi hasil pemilihan.

Baca Juga :  Jum’at Berkah, Kapolsek Cisaat Bagikan Paket Sembako di Ponpes Sunanunnidzom

Selain itu, bimtek ini juga memberikan kesempatan bagi para PKD untuk saling berbagi pengalaman dan belajar dari praktik terbaik dalam menjalankan tugas mereka. Dengan adanya kolaborasi antara Panwaslu, PPK dan PKD Desa dengan harapan  pemilihan kepala Daerah di Kecamatan Cigombong khususnya dan kabupaten Bogor pada ummnya dapat berjalan dengan lancar, sikses dan adil.

Kesimpulannya, Bimtek PKD yang diselenggarakan oleh Panwaslu Kecamatan Cigombong ini merupakan langkah penting dalam memastikan integritas dan transparansi dalam proses pemilukada tahn 2024. Melalui pemahaman yang baik tentang perhitungan suara dan penggunaan aplikasi Siswaslu, para pengawas (PKD) dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih efektif dan memastikan bahwa hasil pemilihan mencerminkan kehendak rakyat.

Baca Juga :  Unit Lantas Polsek Cisaat Polres Sukabumi Kota Berikan Dikmas Lantas kepada Pelajar SMP Islam Al - anhar Cisaat

Dengan kolaborasi yang baik antara Panwaslu, PPK, dan para pengawas (PKD) diharapkan pemiliukada dikecamatan Cigombong  dan kabupaten Bogor dapat berjalan dengan lancar sukses dan adil.

Intinya Bimtek hari ini diselenggarakan agar para PKD paham akan tugas tugasnya saat pemilukada sudah digelar. Mulai dari kampanye, masa tenang, dan hari H pencoblosan dan penghitungan suara di TPS serta pemahaman penggunaan aplikasi.

Pada acara Bimtek hari ini, Panwaslu Chombong melantik satu orang PKD (Desa Wates Jaya). Sehubungan pada acara pelantikam PKD minggu yang lalu tdak bisa hadir dkarenakan masih berada diluar (tugas).jadi hari ini sekaligus kita adakan pelantikan PKD Desa.Wates Jaya.tandasnya (red)

  • Bagikan