Melalui Boling Di Parung Panjang, Bupati Bogor Iwan Setiawan Minta Masyarakat Tidak Panik Hadapi Kekeringan

  • Bagikan
PARUNG PANJANG,LJ – Bupati Bogor Iwan Setiawan minta masyarakat tidak panik hadapi bencana kekeringan. Sebab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor siap memberikan pertolongan pertama pengadaan air bersih untuk masyarakat terdampak bencana kekeringan. Hal itu ditegaskan Bupati Bogor didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor Halimatussadiyah Iwan saat melakukan Bogor Keliling (Boling) Saba Desa ke wilayah Parung Panjang, Rabu (13/9/23).
Iwan Setiawan menjelaskan, pertolongan pertama pengadaan air bersih untuk masyarakat terdampak bencana kekeringan secara rutin dilakukan secara kolaborasi antara BPBD, Disdamkar, PMI, Perumda Tirta Kahuripan dan perusahaan swasta, berdasarkan hasil permintaan masyarakat melalui call center tanggap darurat bencana kekeringan permohonan pendistribusian air.
“Insya Allah Pemda siap memenuhi kebutuhan air bersih untuk kegiatan Mandi Cuci Kakus (MCK) masyarakat, saya minta masyarakat jangan panik, suplai air dengan cepat kita distribusikan ini jadi komitmen kami untuk mengoptimalkan penanganan kekeringan di Kabupaten Bogor. Alhamdulillah debit air di Cisadane juga masih bagus untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat,” tagas Iwan Setiawan.
Tidak hanya itu, penanganan bencana kekeringan juga dilakukan kepada wilayah pertanian yang terdampak kekeringan. Salah satunya melalui penanganan jangka panjang berupa pembangunan embung penampung hujan dan pipanisasi Perumda Tirta Kahuripan untuk sawah dan bendungan terutama di wilayah Bogor Barat.
“Ini penting, karena menurut BMKG kemarau diprediksi akan berlangsung hingga Oktober 2023. Kami juga minta DPKPP untuk segera optimalisasi pembangunan toren-toren air agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terdampak bencana di wilayah Kecamatan Parung Panjang,” ungkap Bupati Bogor.
Selanjutnya, Camat Parung Panjang, Icang Aliyudin menyatakan, terimakasih kepada Bupati Bogor bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor dan jajaran Pemkab Bogor yang telah berkenan hadir melakukan Boling di wilayah Kecamatan Parung Panjang, untuk mendorong kemajuan masyarakat dan pembangunan di Parung Panjang.
“Terimakasih atas petunjuk arahan yang diberikan, tentunya ini sangat mendukung terhadap perbaikan Parung Panjang lebih baik kedepannya,” puji Icang.
Perlu diketahui, pada Boling kali ini beberapa rangkaian kegiatan dilakukan Bupati Bogor Iwan Setiawan antara lain. Penandatanganan prasasti SAMISADE, penyerahan simbolis bantuan bibit pertanian dan penyerahan simbolis bantuan toren air di Desa Parung Panjang.
Selanjutnya, Iwan Setiawan juga berkesempatan meresmikan Tembok Penahan Tanah (TPT) program Samisade di Desa Pingku ditandai dengan Penandatanganan Prasasti yang kemudian meninjau langsung Lokasi Millennium City. Boling diakhiri dengan kegiatan peninjauan langsung UMKM dan pelayanan masyarakat di Desa Kabasiran. (red)
Editor : Ferdi
Baca Juga :  Santuni Puluhan Anak Yatim pondok pesantren Daarul Hasby Oleh Polres Sukabumi Kota
  • Bagikan