Iwan Setiawan Perkuat Sinergi Dengan KPU dan PPK Serta Camat se-Kabupaten Bogor, Matangkan Persiapan Pemilu 2024

  • Bagikan
CIBINONG,LJ – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan perkuat sinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Camat se-Kabupaten Bogor, melalui kegiatan Rapat Koordinasi persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di Ruang Serbaguna I Setda, Senin (31/7/23). Itu dilakukan guna mendukung suksesi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.
Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, penguatan sinergitas antara KPU, PPK, Bawaslu dengan para Camat sangat penting dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang atau agenda rutin lima tahun sekali. Sehingga perlu sinergitas dan penyamaan persepsi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.
Menurutnya, sesuai Undang-Undang No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu yakni pemerintah daerah wajib untuk membantu pelaksanaan Pemilu salah satunya masalah hibah KPU dan juga PPK, serta bertugas memberikan bantuan dan fasilitasi untuk kelancaran penyelenggaraan Pemilu.
“Kita ingin samakan persepsi, sehingga pada pelaksanaannya kita harus bersinergi dan komitmen apa yang harus dilakukan baik camat, PPK, Panwascam, KPU, Pemkab Bogor dan Bawaslu,” terang Plt. Bupati Bogor.
Menurutnya, suksesnya Pemilu 2024 mendatang perlu dukungan yang optimal mulai dari tahapan persiapan Pemilu seperti sosialisasi, edukasi atau pendidikan politik kepada masyarakat. Juga dukungan anggaran yang dialokasikan di kecamatan untuk mendukung kelancaran mulai dari transportasi pengiriman logistik, pemantauan perencanaan penyelenggaraan Pemilu dan lain sebagainya.
“Alhamdulilah berdasarkan hasil rakor hari ini, yang diusulkan oleh camat ke parsial itu sesuai hasil musyawarah dan mengakomodir usulan dari PPK berarti sudah sinkron. Salah satunya diperuntukan untuk sosialisasi, sewa gedung, sarana dan prasarana, laptop, komputer, dan lainnya. Saya juga sangat apresiasi terhadap KPU mereka usahakan sampai ke kecamatan, mungkin daerah lain tidak ada yang seperti ini. Ini bukti kuatnya sinergi kami,” terangnya.
Selanjutnya, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengatakan, dengan luasnya wilayah Kabupaten Bogor dengan jumlah DPT sebesar
3.889.441 dan 15.228 TPS ini adalah jumlah TPS terbesar se-Indonesia untuk tingkatan Kabupaten dan Kota bahkan kalau kita range untuk provinsi kita urutan ke 14. Sehingga dibutuhkan sinergi yang kuat dari semua pihak untuk menyukseskan Pemilu 2024 nanti.
“Dengan pertemuan ini, fasilitasi yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor sangat luar biasa buat kami. Teman-teman PPK juga sudah merasakan sejak kami lantik di bulan Januari tahun ini sampai sekarang, luar biasa pemerintah daerah memperhatikan kami,” jelas Ummi.
Ia juga menyatakan terimakasih kepada Pemkab Bogor yang telah membangunkan gudang logistik seluas 1.600 meter. Bahkan kami diapresiasi langsung oleh KPU RI bagaimana Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor sangat memperhatikan KPU juga teman teman di kecamatan.
“Alhamdulillah tadi pak Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan dan pak Wildan juga menyampaikan bagaimana anggaran untuk sewa gudang yang ada di kecamatan dan fasilitas untuk teman-teman di kecamatan. Dengan jumlah DPT sebanyak 3.889.441 pemilih, artinya di Pemilu 2024 nanti kita akan melaksanakan harus me-manage kurang lebih 20 juta lembar surat suara, kemudian kurang lebih 80.000 kotak suara. Ini menjadi berat bagi kami kalau kami tidak sinergikan, tidak dibantu oleh semua stakeholder yang terkait dengan Pemilu 2024. Alhamdulilah Pemkab Bogor senantiasa sinergi dan membantu kami,” imbuhnya. (red)
Editor : Ferdi
Baca Juga :  PJU Mati..Warga Tugu Jaya Minta Diperbaiki
  • Bagikan