Erni Sugiyanti Sosialisasikan Pedoman Pelayanan Kepemudaan di Kecamatan Cigombong

  • Bagikan

BOGOR, LJ – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Erni Sugiyanti melaksanakan kegiatan penyebarluasan (Sosialisasi) Peraturan Daerah propinsi Jawa Barat di kecamatan Cigombong, Kp.Cibogo Rw 05 Desa Tugu Jaya dan Kp. Panyarang Desa Ciburayut.

Adapun pembahasan dalam kegiatan tersebut terkait dengan peraturan daerah Provinsi Jawa Barat nomor 08 tahun 2016 tentang pedoman pelayanan kepemudaan.

“Hari ini rangkaiannya itu sosialisasi Perda Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pedoman Pelayanan Kepemudaan,” ungkap Erni, Minggu (4/2/24).

Menurut Erni pertimbangan dalam penyusunan Perda ini adalah bahwa keberhasilan Pembangunan Daerah tidak terlepas dari partisipasi masyarakat, termasuk peran pemuda saat ini dan saat mendatang. Oleh karena itu untuk mengembangkan dan mewujudkan peran pemuda perlu adanya kebijakan untuk dapat dilakukan penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda dalam bentuk kepemudaan.

Baca Juga :  Menjelang Milad Dan Pelantikan PAC Se-kabupaten Sukabumi, Inilah Yang Dilakukan Ketua DPC

“Maksud pedoman pelayanan kepemudaan yaitu sebagai dasar pengembangan dan perwujudan potensi pemuda agar menjadi pemuda yang mandiri, handal dan bertanggung jawab dalam pembangunan daerah Provinsi saat ini dan masa mendatang sesuai peran, tanggung jawab dan hak pemuda berdasarkan ketentuan perundang-undangan,” katanya.

Pelayanan kepemudaan terdiri dari penyadaran, pemberdayaan, pengembangan kepemimpinan, kewirausahaan, serta kepeloporan. Dan organisasi kepemudaan adalah wadah pengembangan potensi Pemuda.

Lanjutnya, “pemuda adalah generasi penerus yang harus dibentuk sejak saat ini karena merekalah yang akan membawa masa depan bangsa dan negara. Para pemuda jugalah yang nantinya akan meneruskan estafet sejarah kehidupan bangsa,”katanya.

Selain itu, “peran masyarakat dalam melaksanakan fasilitasi pelayanan kepemudaan dilaksanakan dalam bentuk pemberian masukan atas perencanaan di bidang pelayanan kepemudaan. Diantaranya usaha penyadaran dan perlindungan pemuda dari pengaruh buruk yang merusak, usaha pemberdayaan pemuda sesuai dengan tuntutan masyarakat, fasilitasi pelatihan pemuda dalam pengembangan kepemimpinan kewirausahaan dan kepeloporan, pembentukan dan pengembangan pusat kewirausahaan pemuda, penggiatan gerakan cinta lingkungan hidup pelestarian budaya lokal dan solidaritas sosial di kalangan pemuda, fasilitasi pendanaan pelayanan kepemudaan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bang Adit Berhajat Mencalonkan Anggota DPR RI Dapil Kokab Sukabumi Untuk Pemilu 2024 Dari PBB

Erni pun menambahkan, “saya mengajak kepada masyarakat yang hadir untuk datang ke TPS pada tanggal 14 februari dan menggunakan hak politiknya sesuai dengam hati nurani”.

“Saya berangkat dari partai PKB tentunya saya sangat berterima kasih kalau masyarakat yang hadir bisa menyalurkan aspirasinya ke partai PKB untuk nomor urut 1,” ucapnya.

Terkait dirinya masuk 10 besar dibeberapa survey untuk anggota dewan propinsi jawa barat, dirinya merasa senang, dan hal ini tentunya tidak membuat dirinya jumawa, justru dirinya harus lebih aktif lagi terjun langsung ke masyarakat, karena Erni menginginkan tahun 2024 ini perwakilan dewan PKB untuk propinsi jawa barat bisa 2 kursi. (Iy/red)

  • Bagikan