Camat Cigombong R.E Irwan Somantri Buka Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan Cigombong

  • Bagikan

 

Bogor, Lingkar Jabar – Camat Cigombong R.E Irwan Somantri didampingi ketua PPK, ketua Panwascam, Kapolsek Cigombong dan Danramil 0621-12 Cigombong membuka rapat pleno hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tingkat Kecamatan Cigombong di aula kantor Kecamatan, Sabtu (17/02/2024)

Dalam sambutannya, Camat Cigombong memberikan beberapa pesan kepada para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas.

Pertama yakni memastikan pelaksanaan perhitungan mengikuti aturan yang sudah ada agar bisa berjalan dengan lancar.

Kedua, jangan biarkan orang yang tidak berkepentingan masuk kedalam tempat penghitungan yang berpotensi mengganggu jalannya kegiatan.

Jika terjadi hal seperti itu saya berharap penghitungan segera dihentikan karena nanti tidak akan tertib,” ujarnya kepada Lingkar Jabar usai kegiatan, Sabtu (17/02/24).

Ketiga, sapaannya berpesan agar proses penghitungan berpedoman pada Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), sebab hasil yang ada pada sistem tersebut sudah di publish dan diketahui oleh masyarakat.

Baca Juga :  Patroli Gabungan Polsek Cisaat Laksanakan Giat Rutin Yang Ditingkatkan KRYD

Ketiap partai politik yang ada juga bisa mengkonfirmasi terhadap hasil dari Sirekap karena menampilkan data di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jadi kalau memang ada salah ketik dari Sirekap bisa diperbaiki sesuai hasil C1 yang ada di partai-partai,” tambahnya.

Lebih lanjut, Camat mengatakan, bahwa alhamdulilah jumlah partisipasi pemilih pemilu 2024 sangat luar biasa, rata rata di kecamatan Cigombong lebih dari 80 persen.

“Semakin tinggi tingkat partisipasi semakin legitimasi Pemilu ini karena menghasilkan para pemimpin terutama Presiden san wakil presiden,’ ujarnya

Sementara itu Warisman Ketua PPK Kecamatan Cigombong, menerangkan, untuk rapat Pleno panitia menggunakan tiga Panel, sehingga petugas PPK beserta komisioner dibagi tiga tim untuk melaksanakan penghitungan suara, yang di awali dengan penghitungan suara Presiden dan wakil Presiden.

Baca Juga :  Pemdes Tugu Jaya Bentuk Posko Covid 19

“Penghitungan suara di awali dengan Presiden dan Wakil Presiden, lalu DPRI, DPD, DPRD Profinsi, dan DPRD Kabupaten, namun tergantung kesepakatan dari para saksi juga, dan Insya Allah penghitungan suara akan selesai 7 atau 8 Hari,” ujarnya.

Singkronisasi hasil pemilihan mutlak harus kita laksanakan, karena akan diperoleh data yang benar-benar akurat, hasil suara tingkat KPPS, akan didata dan disampaikan oleh PPS ke PPK, dan seluruh hasilnya akan laporkan ke tingkat KPU Kabupaten Bogor.

” Semua hasil yang telah kita data akan kita sampaikan ke KPU Kabupaten Bogor, dengan harapan regulasi penghitungan suara ini dapat tepat waktu, dengan data yang akurat, dengan situasi dan kondisi yang kondusif,” ucap Warisman

Baca Juga :  Di bulan Ramadhan, Ayep Zaki Menyalurkan Dana Abadi untuk DKM Masjid Al-Husaeniyah

Dirinya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas KPPS, dan semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu di Kecamatan Cigombong, terutama kepada pemerintahan kecamatan Cigomnong yang telah memberikan dukungan dan suport mulai dari awal kampanye sampai rapat pleno yang digelar hari ini untuk menyukseskan pemilu tahun 2024.

” Tentunya kami sangat mengapreasi para petugas yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu Tahun ini, mereka bekerja penuh tanggung jawab, dan alhamdulilah dari mulai hari H pencoblosan mereka diberikan kesehatan sampai pelaksanaan rapat pleno semua dalam kondisi sehat, hal ini melihat tugas mereka untuk bekerja menyukseskan Pemilu Tahun 2024,” pungkasnya (Iy/red)

  • Bagikan