Bupati Bogor Iwan Setiawan Sebut MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Bogor Momentum Lahirkan Generasi Qur’ani  

  • Bagikan
GUNUNG SINDUR,LJ – Bupati Bogor Iwan Setiawan menyatakan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-45 tingkat Kabupaten menjadi sarana dalam melahirkan generasi dan calon pemimpin yang Qur’ani, hal itu ditegaskan Iwan Setiawan saat membuka secara resmi kegiatan MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor di Nirwana Hill, Gunung Sindur, pada Senin malam (4/9/23).
Perlu diketahui, pelaksanaan MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor berlangsung dari 4-7 September 2023, diikuti oleh 2.160 peserta dengan 8 cabang perlombaan diantaranya Cabang Tilawah Al-Qur’an, Cabang Qira’at Al-Qur’an, Cabang Hafalan Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Fahm Al-Qur’an Golongan Putera dan Puteri Beregu, Cabang Syarh Al-Qur’an Golongan Putera dan Puteri Beregu, serta Cabang Khath Al-Qur’an.
Bupati Bogor Iwan Setiawan, berharap momentum kegiatan MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor dapat menjadikan manusia Qurani yang senantiasa membudayakan membaca Al-Qur’an juga dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah Kecamatan Gunung Sindur.
“Mudah-mudahan di kegiatan MTQ ke-45 selama empat hari ini ada perputaran ekonomi buat masyarakat Gunung Sindur. Pasti seluruh kafilah, peserta dan panitia tidak mungkin tidak makan, tidak jajan dan tidak sewa rumah pastinya ada perputaran uang selama MTQ berlangsung, mudah-mudahan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat gunung Sindur,” harap Bupati Iwan Setiawan.
Iwan menerangkan, tujuan MTQ ke-45 merupakan sarana membangun generasi Qurani yang cerdas dan berakhlakul karimah menuju Kabupaten Bogor yang beradab. MTQ masuk kedalam misi Kabupaten Bogor yakni kesalehan sosial dibungkus dalam Pancakarsa Bogor berkeadaban.
Bogor berkeadaban ini bisa terwujud dibuktikan oleh budaya warga masyarakat yang menjunjung tinggi peradaban, agama, suku, adat juga budaya itu yang disebut berkeadaban.
“Ini jadi sejarah untuk Gunung Sindur kali pertama MTQ bisa dilaksanakan, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, Kades, RT, RW dan seluruh tokoh masyarakat yang telah menyambut kafilah dari seluruh Kabupaten Bogor ini suatu kehormatan bagi kami,” tutur Bupati Bogor.
Dalam kesempatan ini, Bupati Bogor menyatakan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan Gunung Sindur yang senantiasa menjaga kondusifitas dan harmonisasi lingkungan salah satunya dibuktikan melalui desa paling toleran di wilayah Kecamatan Gunung Sindur.
 “Saya apresiasi di Gunung Sindur ada satu desa yang sangat toleran, tempat beribadahnya saling berdampingan masyarakatnya beribadah saling menghormati. Terimakasih kepada Camat Gunung Sindur, kades dan warga masyarakat yang senantiasa menjaga harmonisasi kondusifitas keamanan Kabupaten Bogor,” jelasnya.
Kemudian, Camat Gunung Sindur, J Dace Hatomi mengatakan, terimakasih kepada Bupati Bogor Iwan Setiawan yang telah mempercayai Gunung Sindur sebagai tuan rumah pelaksana MTQ ke-45 tahun 2023, hal itu jadi sejarah bagi Kecamatan Gunung Sindur karena sejak awal berdirinya kecamatan, baru kali ini Gunung Sindur jadi tuan rumah MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor.
“Kami sangat bersyukur dan terimakasih, momentum ini sebetulnya sangat diidam-idamkan sejak dulu oleh seluruh masyarakat Gunung Sindur,” jelas Camat Gunung Sindur.
Selanjutnya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor, H. Ahmad Syukri menjelaskan bahwa, penyelenggaraan MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor diharapkan menjadi sarana dalam melahirkan masyarakat yang senantiasa membumikan Al-qur’an dan menegakan syiar Islam di Kabupaten Bogor termasuk masyarakat di wilayah Gunung Sindur. Terlebih Gunung Sindur merupakan kampung moderasi teladan tingkat nasional, hal itu menjadi sebuah keniscayaan jika nilai-nilai Al-Qur’an bisa dilestarikan demi membangun Kabupaten Bogor berkeadaban.
“Terima Kasih kepada Bupati Bogor yang telah menyempatkan waktu membuka langsung kegiatan MTQ ini. Terimakasih juga kepada para peserta MTQ, mereka adalah aset penting yang akan jadi pemimpin kita. Dengan jiwa Islami masa depan tidak hanya cerah juga dipimpin orang yang memiliki kecerdasan dan memiliki akhlak mulia dan mampu bersaing termotivasi mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an,” imbuhnya.
Hadir pada pembukaan MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor yakni, Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra), Ketua Baznas, Ketua I LPTQ, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor. Perwakilan Forkopimda, Perwakilan MUI,
Jajaran Kepala Perangkat Daerah, Direktur BUMD, Jajaran Camat se-Kabupaten Bogor, Forkopimcam Gunung Sindur, Tokoh Masyarakat dan Alim ulama Kecamatan Gunung Sindur. (red)
Editor : Ferdi
Baca Juga :  DWP Kabupaten Bogor Terima Studi Referensi Dari DWP dan GOW Kabupaten Rejang Lebong
  • Bagikan